PENGAWASAN PENDIDIKAN KEDOKTERAN

Ringkasan

Pendidikan Kedokteran merupakan salah satu unsur perwujudan tujuan negara yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui sistem pendidikan nasional yang berkesinambungan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Untuk menghadapi tantangan dan tuntutan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan globalisasi perlu dilakukan pembaruan Pendidikan Kedokteran secara terencana, terarah, dan berkesinambungan agar mampu menghasilkan Dokter, Dokter Gigi, dokter layanan primer, dokter spesialis-subspesialis, dan dokter gigi spesialis-subspesialis yang bermutu, kompeten, profesional, bertanggung jawab, memiliki etika dan moral dengan memadukan pendekatan humanistik terhadap pasien, dan berjiwa sosial tinggi.

Pengawasan DPR terhadap penyelenggaraan pendidikan kedokteran di Indonesia adalah melihat bagaimana pendidikan kedokteran terselenggara. Aturan jenjang pendidikan dokter dalam RUU Pendidikan Kedokteran diharapkan efektif dan tidak merepotkan dokter saat menempuh masa pendidikan. Penjenjangan itu dilaksanakan tanpa mengurangi kualitas dan prestasi dokter dalam mengabdikan diri pada masyarakat.

Pengawasan juga menyoroti pelaksanaan kurikulum, sertifikasi, syarat-syarat, uji kompetensi untuk para dokter.

DPR Minta Kurikulum Pendidikan Kedokteran Diperbaiki


Komisi X Akan Bentuk Panja Pendidikan Kedokteran


Dilema Upaya Peningkatan Kompetensi Dokter Layanan Primer di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama






Pengembangan Area Etika, Moral, Mediko Legal dan Profesionalisme serta Keselamatan Pasien dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi



Bunga Rampai Hukum Dan Profesi Kedokteran Dalam Masyarakat Indonesia

Hukum Pidana Malpraktek Medik : Tinjauan dan Perspektif Medikolegal



Papua Sebuah Fakta Dan Tragedi Anak Bangsa : Pergumulan Etika, Hukum, Sosial, Budaya, Kedokteran, SDM, Dan Kemanusiaan

Standar Prosedur Operasional Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut

Diminta Fokus Tingkatkan Mutu Lulusan : Dewan Imbau Menristekdikti Perketat Izin Pendirian Fakultas Kedokteran


Hak Cipta © 2020
Bidang Sistem Informasi dan Infrastruktur Teknologi Informasi - Pusat Teknologi Informasi - Sekretariat Jenderal DPR RI | Design by W3layouts