BENCANA KARHUTLA

Ringkasan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat El Nino hanya memiliki 22 helikopter water bombing. Sebanyak 22 helikopter water bombing itu harus dipakai untuk karhutla secara bergantian di seluruh wilayah Indonesia.
Hal itu disampaikan Kepala BNPB Suharyanto dalam rapat kerja anggaran Komisi VIII di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/9/2023). Suharyanto mengatakan seharusnya helikopter water bombing di Indonesia minimal sebanyak 50.

"Jadi heli water bombing ini seharusnya di Indonesia ini minimal ketika El Nino itu ada 50, tapi sekarang yang tersedia hanya 22, ini sudah seluruh Indonesia kami kerahkan," ujar Suharyanto.

Suharyanto mengatakan perang Ukraina dan Rusia sangat berdampak kepada Indonesia. Sebab itu, kata dia, saat ini Indonesia hanya memiliki 22 heli water bombing.

"Kenapa hanya 22? Karena dulu-dulu ketika Ukraina dengan Rusia belum perang, kami ambil heli dari sana. Nah sekarang mereka bertempur sendiri sehingga kesulitan," jelasnya.

Dengan kekurangan itu, saat ini pemerintah hanya dapat menggunakan helikopter water bombing secara bergantian. Hal itu disesuaikan dengan tingkat keparahan dari karhutla.

"(Jumlah heli) 22 ini yang kami oper-oper. Jadi mana provinsi yang kebakarannya pesat kami langsung kirim ke sana. Dan dipadukan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Nah terkadang di akhir September seperti ini, cuaca atau awan hujan tidak terbentuk sehingga mendatangkan hujan agak susah juga," papar dia.

"Tapi ini kami bekerja terus untuk karhutla ini mudah-mudahan tidak seperti kasus di 2015 dan 2019," sambungnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya sudah membuat sejumlah strategi untuk mengatasi kekeringan. Dia menyebut ada pula formulasi siaga darurat kekeringan.

"Untuk kekeringan, kami juga dengan daerah juga sudah membuat semacam status lebih soft gitu. Biasanya BNPB bisa turun setelah ada darurat. Nah, sekarang kami membuat formulasi siaga darurat kekeringan," tuturnya.
 

Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut Kian Nyata



BNPB Curhat Hanya Tersedia 22 Helikopter Water Bombing Atasi Karhutla Baca artikel detiknews, "BNPB Curhat Hanya Tersedia 22 Helikopter Water Bombing Atasi Karhutla" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6931612/bnpb-curhat-hanya-tersedia-22-helikopter-water-bombing-atasi-karhutla. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

BNPB Tidak Masuk : RUU Bencana Alam Terancam Didrop




Karhutla Meluas di Riau, KLHK Lakukan Pemadaman dari Darat dan Udara





Stop Pembahasan RUU Penanggulangan Bencana - DPR Tak Ingin BNPB Hilang

Kesiapan Pemerintah Daerah Provinsi Riau dan Sumatera Selatan dalam Pelaksanaan Kebijakan Restorasi Gambut

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2007 TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA


Hak Cipta © 2020
Bidang Sistem Informasi dan Infrastruktur Teknologi Informasi - Pusat Teknologi Informasi - Sekretariat Jenderal DPR RI | Design by W3layouts